Paphos, Siprus

Pemandangan kota Paphos, 09/01/2008
----------
Paphos atau Pafos merupakan sebuah kota di pantai barat daya pulau Siprus, tepatnya di Distrik Paphos di mana kota ini merupakan ibukotanya. Dalam zaman kuno, ada dua lokasi yang
dinamakan Paphos: "Paphos Lama" (Old Paphos)[2] dan "Paphos Baru" (New Paphos).[3] Yang sekarang ditempati sebagai kota modern adalah Paphos Baru. Terletak di pantai Laut Tengah, sekitar 50 km (31.07 mi) sebelah barat Limassol (pelabuhan terbesar di pulau Siprus), yang dihubungkan dengan jalur jalan raya "A6 motorway". Lapangan terbang "Paphos International Airport" merupakan pelabuhan udara terbesar kedua di negara Siprus. Dekat "Palaepaphos" (Paphos Lama) di tepi laut pada "Petra tou Romiou" merupakan tempat mitos kelahiran Aphrodite, dewi Yunani untuk cinta dan kecantikan. Mitos pendirian kota ini berkaitan erat dengan riwayat dewi ini pada segala tingkatan, sehingga Paphos Lama menjadi situs yang paling terkenal dan terpenting untuk pemujaan dewi Aphrodite dalam dunia kuno. Pada zaman Greco-Roman Paphos merupakan ibukota pulau Siprus, dan terkenal karena bekas-bekas istana gubernur Romawi yang mengandung mosaik halus dan ekstensif, sebagai obyek turisme. Rasul Paulus, Barnabas, dan Markus mengunjungi kota ini dalam "Perjalanan Misionaris Pertama" mereka pada abad pertama Masehi. Kota Paphos termasuk ke dalam daftar resmi Situs Warisan Dunia UNESCO.
Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 47.530 jiwa. Di wilayah urban, berjumlah 66.364 jiwa. ( id.wikipedia)